teksJalan

************************************************************************************************************************************************************************************************************************************* efryssilalahi-kebudayaan.blogspot.com efryssilalahi-kebudayaan.blogspot.com efryssilalahi-kebudayaan.blogspot.com **************************************************************************************************************************************************************************************************************************************

Senin, 02 Mei 2011

SUMATERA BARAT

Pesona Budaya Sumatera Barat


Kebudayaan Indonesia dapat didefinisikan sebagai Seluruh kebudayaan lokal yang berasal dari kebudayaan beraneka ragam suku-suku di Indonesia merupakan bagian integral daripada kebudayaan Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pesona dan objek wisata yang ada di sumatera barat.

Untuk kebanyakan masyarakat minang yang hidup dan besar di perantauan pada umumnya pengetahuan mereka tentang minang kabau sangan terbatas. Biasanya mereka hanya mengetahui kalau salah satu atu kedua orang tuanya berasal dari  sumatara barat. Dan biasa di dalam lingkunganya mereka disebut dengan sebutan orang padang.
Tanah minang mempunyai pantai yang luas dan sanagat indah, selain itu sebagian besar kawasannya berada diantara bukit barisan. Orang-orang Minang dikenal menonjol dalam bidang pendidikan, perniagaan, piawai dalam bertutur kata dan pintar dalam berargumentasi. masakan khas suku ini yang populer dengan sebutan masakan padang, sangatlah digemari karena uennaaak tenan…

Bahasa yang sehari-hari digunakan oleh masyarakat sumatera utara adalah bahasa minangkabau yang memiliki beberapa dialek, yaitu dialek bukit tinggi, pariaman, pesisir selatan dan dialek payakumbuh.


Rumah gadang (rumah Baanjuang) merupakan rumah adapt Minangkabau. Rumah ini memiliki keunikan tersendiri dari segi arsitekturnya yaitu atapnya menyerupai tanduk kerbau yang dibuat dari ijuk, yang memili makna menjurus kepada tuhan yang maha esa. Atap yang menyerupai tanduk kerbau ini dikenal dengan nama gojong yang terdiri dari 4-7 buah.selain itu halaman depan rumah gadang selalu terdapat 2 buah bangunan yang berfungsi untuk menyimpan padi, serta pada sayap bangunan sebelah kanan dan kirinya terdapat ruang anjuang yang berfungsi senbagai tempat pengantin bersanding.
Didaerah sumatera barat juga terdapat berbagai macam objek wisata yang sangat mempesona seperti objek wisata alam, objek wisata sejarah, objek wisata kuliner dan objek wisata budaya.

Objek wisata alam yang ada diwilayah sumatera barat, antara lain seperti:
1.Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, dengan Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang indah dan menjadi salah satu objek wisata utama provinsi.
Jurang ini dalamnya sekitar 100 m membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (Patahan Semangko).


2.Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Menurut legenda masyarakat setempat, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.

3.Jam Gadang adalah sebutan yang diberikan masyarakat Minangkabau kepada bangunan menara jam itu, karena memang menara itu mempunyai jam yang “gadang”, atau “jam yang besar” (jam gadang=jam besar; “gadang” berarti besar dalam bahasa Minangkabau).
Karena begitu sangat fenomenalnya Jam Gadang, sehingga sejak berdirinya Jam Gadang telah menjadi pusat perhatian setiap orang. Hal ini mengakibatkan Jam Gadang dijadikan penanda atau markah tanah Kota Bukittinggi dan juga sebagai salah satu ikon provinsi Sumatera Barat.

Inilah obyek wisata yang ada di daerah sumatera Barat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar